Apa itu Blog?

Share
Comment 0 reply
Apa itu Blog?

Apa kamu tau apa itu blog? Kalau ngga tau, kamu ada di tempat yang tepat.

Ketika blog dimulai tahun 1994, blog lebih banyak berisi mengenai catatan personal seseorang yang dibagikan secara online.

Di blognya, mereka membagikan kegiatan sehari-hari atau hal-hal yang mereka lakukan.

Kemudian ketika orang-orang mulai melihat peluang untuk berbagi informasi secara online, maka dimulailah dunia blogging yang seperti sekarang.

Hari ini, ada lebih dari 600 juta blog di dunia. Di Amerika saja sudah mencapai 31,7 juta pengguna di tahun 2020.

Apa itu Blog?

Pengertian Blog

Sebuah blog (versi singkat dari “weblog“) merupakan situs web yang diperbarui secara berkala dan biasanya dijalankan oleh individu atau kelompok kecil, yang ditulis dalam gaya informal atau percakapan.

Apa Tujuan dari Sebuah Blog?

Ada banyak alasan untuk seseorang membuat blog, ada yang hanya ingin sekedar berbagi informasi, tujuan bisnis, dan lainnya.

Blog yang bertujuan sebagai bisnis biasanya akan mengandalkan konsumen untuk membeli produk atau layanan mereka.

Tanpa blogging, situs web kamu ngga akan keliatan. Blogging bikin blog kamu bisa ditemukan dan kompetitif.

Semakin sering dan baik postingan blog kamu, maka semakin tinggi peluang blog bisa ditemukan di Google dan dikunjungi oleh target audiens.

Jadi tujuan adanya blog untuk bisnis yaitu agar mendapatkan trafik dan leads yang berkualitas. Selain itu juga untuk membentuk branding.

Semakin kamu sering berbagi informasi sesuai niche blog, maka semakin tinggi kepercayaan audiens.

Blog yang bagus akan membuat bisnis kamu terlihat lebih kredibel, dimana ini merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis yang baru.

Struktur Blog

Tampilan blog sudah berubah dari waktu ke waktu, dan hari ini blog menawarkan lebih banyak widget dan pendukung lainnya.

Tetapi sebagian besar blog hanya memakai beberapa fitur dan struktur standar.

Berikut ini adalah fitur umum yang biasanya ada di sebuah blog:

  • Header: Terletak di bagian atas blog. Berisi tentang judul, deskripsi, dan menu.
  • Navbar: Terletak diatas header. Biasanya tidak akan tampil jika diakses selain oleh admin. Gunanya untuk mempermudah pemilik web mengelola web nya.
  • Main blog: Terletak di bagian tengah blog. Artikel biasanya berada di sini.
  • Sidebar: Tempat untuk menempatkan widget seperti Popular Post dan lainnya.
  • Footer: Terletak di bagian bawah blog. Umumnya diisi informasi singkat tentang blog dan copyright.

"Struktur

Gambar diatas merupakan contoh struktur dasar dari rata-rata blog yang ada. Setiap bagiannya mempunyai kepentingan tersendiri dan membantu pengunjung melalui navigasi yang ada.

Blog manarul.com sendiri sengaja tidak menyertakan bagian Sidebar karena memang merasa tidak terlalu butuh.

Blog dan Website

Banyak orang yang masih bingung perbedaan antara blog dan website. Wajar saja, karena sekarang banyak perusahaan yang mengintegrasikan blog ke dalam website mereka.

Apa yang membedakan blog dari website?

Blog perlu diperbarui secara rutin. Di blog, pembaca mempunyai kesempatan untuk berkomentar dan menyuarakan pendapatnya.

Sedangkan website terdiri dari konten yang disajikan di halaman statis. Website statis jarang memperbarui halamannya.

Halaman blog biasanya mempunyai tanggal terbit, kategori, tag, referensi penulis dalam byline.

Meskipun tidak semua blog mempunyai semua elemen byline tersebut, tetapi biasanya website tidak mempunyai item ini.

Apa itu Blogging?

Di awal tahun 2000, blogging lebih terlihat ketika beberapa blog politik lahir. Blog tutorial juga mulai bermunculan. Sedangkan institusi yang sudah mapan mulai membedakan antara jurnalisme dan blogging.

Definisi Blogging

Blogging adalah aktivitas menulis dan mengelola blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada di internet.

Mengapa blogging begitu populer?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus melihat faktor dibelakangnya.

Awalnya blogging menjadi populer karena layanan berita mulai menggunakan website sebagai tools untuk menjangkau pembaca dan membentuk opini. Kemudian blogging menjadi sarana informasi baru.

Melalui blogging pula, para pebisnis melihat peluang positif untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

Blog membantu perusahaan untuk mempertahankan klien dan juga membuat semakin banyak orang mengunjungi blognya, semakin banyak tereksplor, semakin besar kepercayaan yang diperoleh.

Blogger pribadi dan publisher melihat potensi untuk menjangkau lebih banyak orang yang tertarik di topik tertentu.

Melalui blog, pengunjung bisa berkomentar dan berinteraksi dengan kamu atau merek yang kamu punya untuk mendapatkan loyal customer.

Tahukah kamu kalau kamu bisa menghasilkan uang dari blog? Setelah blog kamu besar, kamu bisa dengan mudah menghasilkan uang dengan berbagai cara, saya akan membahasnya di topik berikutnya.

Siapa Blogger?

Belakangan ini banyak blogger menjadi terkenal karena berbagai alasan. Blogging sudah menjadi karir dan sampingan orang. Melihat hal ini, semakin banyak orang yang memilih menjadi blogger.

Jadi siapa blogger? Blogger adalah individu yang suka berbagi bagian dari hidup mereka. Mereka memposting berbagai topik dari seni, desain rumah, keuangan, dan lainnya.

Blogger bersifat mobile dan tidak perlu berada di satu tempat. Pokoknya mereka hidup di internet deh!.

Definisi blogger

Blogger merupakan seseorang yang menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Ia berbagi pendapat dan pengetahuannya mengenai berbagai topik.

Apakah blogger dibayar?

Blogger bisa mendapatkan uang, tetapi tidak semudah itu ferguso. Sebelum kamu dapat mulai memonetisasi blog kamu, kamu perlu me-ranking blog kamu di hasil pencarian Google.

Hal inilah yang membutuhkan banyak waktu dan konten yang berkualitas. Hal itu sudah saya jelaskan di artikel Cara Membuat Blog yang Menghasilkan.

Inilah beberapa cara menghasilkan uang dari blog niche:

  • Menjual space iklan di blog secara privat atau via Google Adsense.
  • Menjadi mitra afiliasi secara private atau via Network tertentu.
  • Menjual produk digital seperti eBooks dan tutorial.
  • Menjual keanggotaan (membership) untuk mengakses konten eksklusif.
  • Gunakan blog sebagai alat pemasaran bisnis kamu.

Jika tujuan kamu memulai blog untuk memasarkan dan meningkatkan bisni yang ada, maka kamu mungkin tidak perlu menjual ruang iklan atau membership.

Tetapi kamu bisa membuat dan mulai menawarkan produk digital eksklusif seperti panduan panduan, kursus online yang bisa ditukar dengan alamat email pengunjung. Sehingga kamu mendapatkan database email tertarget untuk melangkah ke teknik berikutnya.

Ingin memulai blog sendiri?

Diperlukan beberapa langkah untuk membuat blog pribadi. Pertama, kamu perlu memutuskan nama domain. Kemudian memilih platform blogging terbaik sesuai kebutuhan, saya menyarankan agar memakai platform self-host yang paling populer yaitu WordPress.org.

Langkah berikutnya yaitu memilih layanan hosting. Untuk blogger pemula, saya menyarankan paket paket personal dari Niagahoster karena bisa gratis domain dan proses setup nya yang mudah.

Kesimpulan

Saya harap kamu sudah mendapat gambaran mengenai dunia blogging. Jika kamu sudah membuat blog, maka langkah berikutnya yaitu membuat konten yang membuat pembaca puas dan terlibat.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.